Rahasia Panduan Memulai dan Mengembangkan Blog

Rahasia Panduan Memulai dan Mengembangkan Blog

"Ah masa sieh mas, blog bisa hasilkan duit?" - Itu Kata temen gw.
"Main Blog terus - bukannya urusin anak!" - ^^ itu kata istri gw.
Sekali jatuh cinta sama blog, susah dilepasin...

Awalnya memang gak percaya, tapi jika tekun memang bisa dibuktikan...
Apa yang harus dilakukan oleh seorang blogger pemula agar tetap tekun menulis...
Berikut yang perlu kamu tahu:


1. Tetap fokus ke konten
Konten sampai kapanpun akan tetap menjadi faktor utama kesuksesan sebuah blog. Buatlah konten yang benar-benar berkualitas. Seperti apa itu konten berkualitas :
  • Dicari oleh pembaca
  • Unik, berbeda, dan original
  • Berguna dan bermanfaat
2. SEO
SEO atau Search Engine Optimization adalah usaha untuk mengoptimalkan blog kita pada mesin pencari. Jika kamu menginginkan blog kamu mendapatkan banyak pengunjung dari mesin pencari maka mau tidak mau kamu harus berurusan dengan SEO.
Tapi kamu tidak perlu benar-benar menjadi ahli SEO untuk bisa mendaptakan pengunjung dari mesin pencari. Cukup menggunakan pemahaman SEO dasar saya rasa sudah cukup untuk membantu meningkatkan trafik blog kamu dari mesin pencari.
Gw sangat merekomendasikan anda untuk membaca panduan SEO pemula dari Google. Panduan SEO ini berbentuk file .pdf download DI SINI.
2. Blogwalking
Blogwalking secara sederhana adalah kegiatan berkujung ke blog orang lain sambil meninggalkan komentar. Blogwalking adalah cara lama yang sering dilakukan oleh blogger pemula untuk mandapatkan pengujung, tapi sampai sekarangpun cara tersebut masih tetap efektif.
Selain mendapatkan pengujung blogwalking juga memiliki banyak manfaat lain, diantaranya:
  • Menjalin ikatan silaturahmi sesama blogger
  • Mendapatkan backlink yang merupakan salah satu faktor terpenting SEO
  • Mendapatkan ide atau inspirasi
  • dan lain-lain
3. Media Sosial
Tidak bisa dipungkiri saat ini kebanyakan orang menghabiskan waktunya di media sosial. Manfaatkanlah dengan baik media sosial sebagai tempat promosi untuk blog kamu.
4. Forum 
Di internet banyak sekali forum-forum yang berisi orang-orang yang memiliki hobi atau minat tertentu. Gabunglah ke dalam forum-forum tersebut yang sesuai dengan topik blog kamu.
Pada intinya adalah aktiflah dimana pembaca kamu sering menghabisakan waktunya. kamu bisa berdikusi dengan mereka sesuai dengan topik yang kamu minati dan sesekali mempromosikan blog kamu. Yang terpenting jangan melakukan promosi secara berlebihan karena beberapa forum memiliki peraturan yang ketat.
5. Social bookmarking
Social Bookmarking adalah situs yang fungsinya untuk membookmark halaman-halaman yang ada di internet secara online. Banyak blogger-blogger yang menggunakan situs social bookmarking sebagai tempat untuk mendatangkan pengunjung dan juga mencari backlink.
Salah satu situs social bookmarking yang paling populer di Indonesia adalahlintas.me. Kamu bisa mensubmit postingan blog kamu ke social bookmarking tersebut.
6. Tetap Belajar
Tetaplah belajar untuk meningkatkan kemampuan ngeblog kamu. Manfaatkanlah Google sebagai tempat mencari informasi yang kamu butuhkan. 

Sumber: http://sugeng.id/panduan-ngeblog-untuk-pemula/

Post a Comment

0 Comments