5 hal unik yang dapat kita pelajari dari film keluarga Coco - jurnal|lembu

#Gilafilm #Gilainvestasi

Search My Blog?

Post Top Ad

5 hal unik yang dapat kita pelajari dari film keluarga Coco


"Coco wins best animated feature at Oscars 2018". Begitu mendengar kabar ini, saya sangat senang sekali karena film animasi ini membuat saya memiliki cara pandang baru tentang cara melihat tentang dunia "kematian" dalam budaya Meksiko. Film ini disutradarai oleh Lee Unkrich, yang mengisahkan petualangan Miguel, anak laki-laki usia 12 tahun yang menguak misteri selama satu abad dan akhirnya membawanya pada pertemuan keluarga yang sangat luar biasa. Cerita dari Budaya Meksiko digarap sangat baik dalam bentuk animasi. Awalnya saya berfikir: film animasi Coco lebih menekankan setting di bumi, ternyata saya salah. Film animasi Coco rupanya berusaha menggambarkan bagaimana dunia kematian dengan segala persoalan yang ada didalamnya. Yuk kita ulas 5 hal unik yang dapat kita pelajari tentang film animasi Coco.
  1. Visionary Storyteller. Film animasi Coco berhasil menampilkan dan mengubah sudut pandang saya tentang dunia kematian yang menyenangkan, menggembirakan. Maka, film ini tak akan mungkin bisa demikian jika tanpa adanya visionary storyteller yang mampu mengangkat soal tradisi Meksiko ini.
  2. Coco saya yakini merupakan film yang kental dengan budaya Meksiko, yang mengangkat tradisi Dia de Muertos untuk menghormati dan mengenang kembali memori-memori dari anggota keluarga yang telah berpulang.
  3. Jangan pernah melupakan nenek moyang yang telah meninggal dunia. Mereka perlu didoakan untuk tetap membina hubungan kita dengan orang-orang yang telah meninggal dunia.
  4. Hari Peringatan bagi Orang Mati lebih berbicara tentang perayaan kehidupan kekal dari orang-orang terkasih yang telah meninggal untuk mengingat mereka dimana mungkin mereka pernah menjadi pembimbing spiritual kita.
  5. Hadirnya Dante, Ras Anjing Nasional dari Meksiko. Anjing ini ternyata merupakan seekor anjing xolo, kependekan dari xoloitzcuintli, yang disebut sebagai ras anjing nasional dari Meksiko. Menurut tradisi Aztec, Xoloitzcuintli adalah hewan asli dari Meksiko. Nama xoloitzcuintli berasal dari dua kata dalam bahasa Aztec, yakni Xolotl dan Itzcuintli. Xolotl adalah nama dewa petir dan dewa kematian di dalam kepercayaan Suku Aztec. Kalau Itzcuintli artinya anjing dalam bahasa Aztec. Konon, anjing xoloitzcuintli diciptakan oleh dewa. Hewan tak berbulu ini punya tugas yang cukup penting, yakni menyembuhkan orang sakit dan menuntun arwah orang yang meninggal ke dunia para arwah (mictlan). Makanya, kita akan melihat ketika Coco memasuki dunia kematian atau arwah, Dante akan muncul disana sebagai hewan penuntun arwah. Menariknya, Dante bisa keluar masuk kedua dunia: Dunia arwah dan dunia manusia.

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Fakta Menarik dari Film Animasi "Coco"", https://entertainment.kompas.com/read/2017/12/11/192837310/5-fakta-menarik-dari-film-animasi-coco.
    Penulis : Andi Muttya Keteng Pangerang

    Artikel ini telah tayang di Kompas.com dengan judul "5 Fakta Menarik dari Film Animasi "Coco"", https://entertainment.kompas.com/read/2017/12/11/192837310/5-fakta-menarik-dari-film-animasi-coco.
    Penulis : Andi Muttya Keteng Pangerang

Post Top Ad