Tuliskan 3 isu Global? - by Jadid - jurnal|lembu

WWW.LEMBUTAMBUN.COM

Post Top Ad

Tuliskan 3 isu Global? - by Jadid

Indonesia menjadi warga global berangkat dari Pembukaan UUD 1945 yaitu “Ikut serta melaksanakan ketertiban dunia …..”. Sebutkanlah minimal 3 isu global yang menjadi perhatian komunitas global saat ini. Jelaskan sikap-sikap moral anda secara kongkrit sebagai warga global dalam menghadapi isu-isu tersebut?

1. Pandemic akibat dari COVID-19. Dalam peristiwa ini seluruh masyarakat dunia sedang terguncang oleh virus mematikan ini. Akibatnya,banyak orang yang mengalami depresi/stress,putus asa,dan menimbulkan kekacauan / ricuh diberbagai wilayah. Sikap yang dibutuhkan dalam menghadapi situasi tersebut adalah resillience. Sikap resillience dalam situasi ini sangat dibutuhkan dalam menghadapi berbagai tekanan,baik secara eksternal maupun internal. Kehilangan pekerjaan,bahkan kehilangan anggota keluarga akibat dari COVID-19 bukan lagi hal yang tidak biasa. Maka dari itu,kita harus tetap tenang dan memiliki pemikiran yang terbuka atas situasi yang sedang terjadi.

2. Pembuatan kartun Nabi di negara Perancis. Sikap keadilan merupakan perilaku yang tepat dalam menghadapi isu ini. Presiden Perancis menganut pemahaman bebas berekspresi akan tetapi tidak memikirkan aturan/ajaran agama Islam,dimana pada agama Islam dilarang untuk melukiskan fisik Nabi. Tentu kebijakan pemerintah Perancis menuai banyak kontraversi dari khalangan kaum muslim di dunia. Maka dari itu keadilan harus tetap ditegakan,agar tidak ada lagi orang - orang yang menyepelekan ajaran agama atas dasar kebebasan ekspresi dan sejenisnya.

3. Kebakaran dan penabangan hutan secara liar di wilayah Kalimantan. Walaupun kejadian tersebut terjadi di Indonesia,namun kebakaran tersebut menimbulkan kerusakan bagi atmosfer bumi,dan hutan Kalimantan termasuk bagian dari paru-paru dunia. Sikap yang perlu ditegakan adalah kebenaran. Karena tindakan membakar hutan dan penebangan hutan secara liar merupakan pelanggaran hukum dan merugikan banyak pihak,tidak hanya manusia saja melainkan hewan ataupun tumbuhan yang memiliki habitat hutan tersebut. Untuk menuntaskan masalah tersebut,maka pelaku harus di tangkap dan adili secara hukum tanpa belas kasih.

Indonesia GDP Annual Growth Rate

Post Top Ad