Baiknya Menikah atau Beli Rumah Dulu?

Baiknya Menikah atau Beli Rumah Dulu?

Salam Pendidikan Karakter Keuangan,

Keuangan menjadi persoalan yang penting di kehidupan seseorang. Apalagi bagi orang lajang yang akan segera menikah. Tentunya keuangan sangat penting untuk kesiapan seseorang dapat menikah. Karena saat menikah maka tanggungan seseorang pun bertambah yakni tanggungan terhadap keluarga barunya. Pada usia 20-30an yang ingin menikah, tentu permasalahan kesiapan pernikahan menjadi hal yang membingungkan.

Kebanyakan generasi milenial tidak yakin untuk menikah. Hal ini dikarenakan ketidakyakinan dan ketidakpastian keuangan akan tanggungan hidup keluarga yang akan mereka tanggung ketika sudah menikah. Banyak dari mereka yang takut untuk tidak mampu membeli rumah setelah menikah karena tanggungan hidupnya sudah besar. Tentu juga mereka tidak yakin untuk menjamin kesiapan diri mereka untuk persiapan menikah. Apalagi generasi milenial ini dikenal sebagai generasi yang sangat memperhitungkan segala hal dan pertimbangannya.

Kebanyakan dari mereka bingung menentukan antara menikah dulu atau membeli rumah dulu. Banyak yang takut apabila mereka menikah dulu, bingung untuk mencari tempat tinggalnya. Sedangkan jika membeli rumah dulu, apakah keuangannya sudah mumpuni atau pun takut salah memilih lokasi tempat tinggal karena takut lokasinya tidak cocok dengan pasangannya nanti. Apalagi kita tahu bahwa rumah tidak bisa dipindah-pindahkan.  

Percaya atau tidak, generasi milenial saat ini cukup kesulitan untuk bisa membeli rumah di daerah Jakarta yang harganya sudah terbilang sangat tinggi. Tentu ketika membeli rumah maka yang menjadi pertimbangan adalah kemampuan keuangan dan harga rumahnya. Namun, saat ini ada sangat banyak opsi rumah sebagai tempat tinggal. Rumah tidak hanya landed house umumnya, ada seperti rumah susun dan apartemen. Harganya pun berbeda-beda tergantung tipe yang dipilih serta lokasinya. Tentu kebingungan antara menikah atau membeli rumah dulu tidak dapat di-judge mana yang benar dan salah. Hal ini relatif karena semuanya bergantung pada mana yang diprioritaskan terlebih dahulu. Tentunya semua diperhitungkan dengan matang sehingga tidak terjadi penyesalan di kemudian hari. Menyewa atau kontrak tempat tinggal pun menjadi salah satu opsi yang dapat dipilih. Setiap orang tentu harus membuat planning jangka panjang agar dapat menentukan skala prioritasnya dan memiliki arah serta tujuan yang jelas. Sesungguhnya tempat tinggal tidak menjadi satu-satunya persoalan yang harus dipikirkan, masih ada dana pensiun, pendidikan anak, dan lainnya.

Perencanaan semua hal ini harus dilakukan dengan cermat dengan mempertimbangkan skala prioritas dan kemampuan keuangannya juga. Ketika keuangannya kurang, maka bisa mengontrak terlebih dahulu atau kredit menyesuaikan harga rumah yang tergolong murah atau terjangkau. Kebingungan persiapan pasca menikah tentu tidak boleh menjadi momok yang menakutkan karena dapat menyebabkan seseorang salah dalam membuat keputusan.

 

Semoga bermanfaat.

Pemerhati Keuangan

 

==============

 


 

Post a Comment

0 Comments