YUK SIAPIN DANA DARURAT UNTUK KEADAAN DARURAT!

YUK SIAPIN DANA DARURAT UNTUK KEADAAN DARURAT!

Salam Pendidikan Karakter Keuangan,

Saat terjadinya pandemi covid, terdapat puluhan juta penduduk di dunia yang kehilangan pekerjaannya dan tidak bisa bertahan hidup. Oleh karena itulah dibutuhkannya dana darurat agar kita dapat bertahan hidup saat waktu darurat tanpa membutuhkan bantuan orang lain. Dana darurat adalah dana yang disiapkan untuk memenuhi kebutuhan darurat atau tidak terduga. Dana darurat merupakan dana prioritas yang sebaiknya sudah mulai kita siapkan sejak pertama kali kita mendapatkan penghasilan namun jika memang sudah terlambat atau sudah berusia tua sebaiknya dana darurat juga tetap dipersiapkan.

Kita sebaiknya mempersiapkan dana darurat kita terlebih dahulu sebelum kita mulai mempersiapkan dana-dana lain atau investasi karena kita tidak dapat memprediksi keadaan darurat. Dalam mempersiapkan dana darurat kita harus memiliki sikap disiplin, hal ini dapat kita lakukan dengan langsung menyisihkan Sebagian dari uang kita ke dana darurat setelah mendapat gaji. Dana darurat yang kita miliki juga tidak harus berupa bentuk kas, kita dapat mempersiapkan dana darurat kita dalam bentuk barang ataupun instrument investasi. Namun dana darurat ini harus dapat kita akses kapan saja, jadi kita harus memilih-milih dulu tempat penyimpanan dana darurat yang tepat untuk kita.

Untuk mempersiapkan dana darurat, pertama-tama kita harus melihat dulu bagaimana kondisi keuangan kita saat ini. Seperti berapa jumlah penghasilan kita, berapa jumlah pengeluaran kita, apakah kita dapat menghemat pengeluaran kita agar lebih efisien? Setelah itu barualah kita menyiapkan instrument untuk menyimpan dana darurat kita, hal ini dapat berupa rekening baru atau tempat investasi yang dapat kita akses kapan saja. Terakhir kita harus memiliki komitmen dan disipin yang kuat untuk memenuhi dana darurat yang kita butuhkan. Dana darurat yang optimal biasanya berupa enam sampai dua belas kali pengeluaran bulanan kita.

Dana darurat ini dapat kita pakai jika kita telah kehilangan sumber pendapatan kita. Jadi dana darurat ini digunakan sebagai pengaman saat kita kehilangan sumber pendapatan kita hingga kita dapat mencari sumber pendapatan yang baru. Dana darurat ini juga dapat digunakan saat kita mengalami musibah, kondisi yang darurat, atau tidak terduga, contohnya saat rumah kita kebakaran, saat melahirkan anak, atau saat orang tua kita sakit. Setelah memakai dana darurat tersebut, kita juga harus mengisi dan memenuhi dana darurat kita kembali, agar kita dapat mengantisipasi keadaan darurat yang akan terjadi selanjutnya.

Salam Cerdas Literasi Finansial!


Semoga bermanfaat.

Petrus Hepi Witono.

Dosen CBDC Binus dan Pemerhati Keuangan

www.lembutambun.com

Post a Comment

0 Comments