BAHAYA INTERNET

BAHAYA INTERNET

Semakin majunya bangsa, tidak dapat dipungkiri akan semakin banyaknya tuntutan untuk mengikuti kemajuan teknologi. Perkembangan teknologi pada saat ini sangat maju dan pesat, sehingga sebagai masyarakat Indonesia dapat menimbulkan 2 efek, yaitu :

1. Kepada masyarakat yang sudah terbiasa dengan teknologi (tinggal di kota besar). Mungkin akan lebih mudah beradaptasi, akan tetapi tidak menutup kemungkinan juga akan semakin berpengaruh menjadi masyarakat yang malas dikarenakan sudah terlampau banyak mengandalkan teknologi.

2. Kepada masyarakat yang belum terbiasa dengan teknologi (tinggal di desa atau daerah terpencil). Akan lebih sulit untuk beradaptasi, masih banyak masyarakat Indonesia yang belum melek dengan teknologi, tentu dipengaruhi pula dengan tingkat sinyal atau koneksi yang belum menjangkau ke daerah tersebut.

Teknologi yang berkembang dengan begitu pesat dapat membawa kebebasan berekspresi dan berkarya untuk seluruh masyarakat. Sayangnya, seringkali berdampak kepada kesalahan yang berdampak dari penyalahgunaan. Contoh dari sosial media yang awalnya berguna untuk media komunikasi, digunakan menjadi tempat untuk melakukan kejahatan seperti penyebaran berita hoaks, pencurian data, penipuan, bahkan menjadi sarana untuk para pencuri mencari data-data mengenai korbannya.

Sebenarnya dari hal tersebut dapat diketahui bahwa dasar dari segala sesuatu berkaitan dengan etika. Seharusnya seluruh warga negara, khususnya warga negara Indonesia sudah memahami hal yang sangat dasar dalam berkehidupan yaitu berdasar kepada Pancasila. Dari sila-sila yang terkandung dalam Pancasila, dapat menjadikan hal yang sangat kuat untuk mengatur etika dari warga negaranya. Contoh dari nilai ketuhanan yang mengatur agar masyarakat memiliki sifat spiritualitas, taat beragama, dan toleransi dengan perbedaan; dari nilai kemanusiaan mengatur agar masyarakat memiliki nilai yang menjaga tindakan asusila, saling tolong menolong, dan menghargai satu sama lain; dari nilai persatuan mengatur agar masyarakat memiliki nilai mencintai negara Indonesia; dari nilai kerakyatan mengatur agar masyarakat memiliki nilai menghargai adanya perbedaan; dari nilai keadilan mengatur agar masyarakat memiliki nilai peduli dengan sekitar. 

Sehingga dapat diketahui bahwa sebenarnya masyarakat Indonesia masih memerlukan bantuan untuk memilah dan menggunakan teknologi dengan baik. Bantuan tersebut dapat diberikan dari pemerintah, maupun sekolah, maupun pelatihan kepada orangtua untuk membimbing anak-anaknya maupun kepada orangtua tersebut agar tidak salah memberikan contoh pengajaran kepada anaknya. Tentu juga untuk tetap mencintai negara Indonesia.

Post a Comment

0 Comments