Cara membangun persatuan dengan memanfaatkan platform media sosial berbasis internet

Cara membangun persatuan dengan memanfaatkan platform media sosial berbasis internet

Persatuan terbentuk dari persamaan nilai pada masyarakat terbentuknya negara Indonesia disebabkan persamaan nilai yang sama akibat dari penjajahan yang dilakukan beberapa abad oleh belanda. Maka pada hari ini sebagai masyarakat yang sama kita harus mendorong bentuk kesamaan nilai-nilai tersebut kecintaan dan gotong royong adalah salah satu bentuknya.

Platform media sosial berbasis internet hari ini adalah sumber informasi cepat yang dapat dimanfaatkan oleh masyarakat, media sosial juga sebagai sumber dimana manusia dapat secara bebas untuk mengungkapkan pendapatnya, namun ini juga menjadi kendala ketika kita sebagai pengguna media sosial tidak bertanggung jawab atas pendapat-pendapat yang kita keluarkan. 

Dalam kasus membangun persatuan di media sosial perlu adanya sikap tanggung jawab sebagai warga negara, sebagai bentuknya kita perlu menghindari opini-opini dan pendapat yang mengandung unsur egoisme dan menyebabkan terjadinya perseteruan opini-opini ini tentu tidak muncul secara tiba-tiba ini disebabkan adanya misinformasi yang sering terjadi di media sosial atau kita sebut sebagai hoax. Namun hari ini kita sudah sering menemukan bahwa banyak sumber-sumber informasi di media sosial yang kredibel dan dapat dipertanggung jawabkan kita sebagai warga negara pengguna media sosial wajib untuk melakukan validasi atas berita yang kita terima sehingga tidak terjadinya misinformasi tentang berita-berita yang buruk. Kemudian kita juga sering menemukan hari ini bahwa banyak platform media yang juga mendorong masyarakat untuk membangun ilmu dan pemahaman hal ini juga akan mendorong masyarakat yang lebih paham dan juga tidak mudah untuk melakukan hal-hal yang tidak bertanggung jawab dimedia sosial.  Pada akhirnya kita sebagai penggunalah yang bertanggung jawab untuk membangun lingkungan media sosial yang sehat, menghindari pertikaian pendapat yang bersifat egois, berhenti untuk mengkonsumsi berita yang tidak masuk akal dan tidak kredibel, lebih banyak membaca tentang apa-apa saja yang ada di media sosial, berhenti untuk mengungkapkan isu-isu negatif isu sara, memulai untuk saling mengingatkan, saling membangun, saling mendorong tiap-tiap masyarakat didalam media sosial. Sebagai sarana yang bebas dan menunjukan kebebasan kita wajib beretika dan bertanggung jawab sebagai masyarakat dan pengguna media sosial.

Tanpa hal-hal yang bertanggung jawab tersebut sebagai pengguna media sosial, kita tidak akan mampu membangun nilai-nilai persatuan dengan informasi-informasi yang akan mendorong kecintaan kita terhadap persatuan Indonesia.

Post a Comment

0 Comments