GAMBARAN KEHIDUPAN BERAGAMA DALAM SILA KE-1 PANCASILA

GAMBARAN KEHIDUPAN BERAGAMA DALAM SILA KE-1 PANCASILA

Pancasila meruapakan ideologi bangsa Indonesia yang memiliki nilai-nilai yang memiliki makna tersendiri, Pancasila merupakan dasar dan pedoman hidup untuk masyarakat Indonesia. Nilai-nilai Pncasila bersifat bulat dan utuh hal ini berkaitan dengan sila yang kesatu dengan bunyi "Ketuhanan Yang Maha Esa" dengan arti bahwa semua aspek dalam kehidupan bernegara selaras pada nilai-nilai Ketuhanan. Berdirinya Bangsa Indonesia memiliki asas ketuhanan. 

Agama merupakan hak yang paling penting dalam hidup manusia karena setiap agama memberikan ajaran kebaikan, kedamaian, keharmonisan, persahabatan, dan lain-lain. Dalam hal agama setiap orang bebas memilih hak  kepercayaan masing-masing sesuai dengan keyakinan, agama bersifat pribadi yang tidak boleh dipaksaan karena menyangkut  hubungan individu dengan Tuhan yang mereka yakin dan percaya. 

Di negara Indonesia terdapat 5 agama yang sebagai peganagan hidup  yaitu Islam, Kristen, Kristen Katolik, Hindu, Budhha, dan Konghucu. Dari semua agama tersebut memberikan kedamaian di kehidupan masing-masing, sehingga kita sebagi orang Indonesia dengan memiliki ideologi Pancasila dalam sila yang kesatu "Ketuhanan Yang Maha Esa" harus saling menghormati, toleransi, saling menhargai dengan penganut keyakinan yang berbeda, agar kerukanan selalu tercipta dan terbagun antar umat beragama lain. Oleh sebab itu masyarakat Indonesia harus paham setiap butir Pancasila yang terkandung.

Post a Comment

0 Comments